Sabtu, 23 Februari 2008

Hal kecil, manfaat besar!

Minggu ini kami sepakat untuk melakukan hal-hal kecil yang bisa menyelamatkan dunia juga lho. Kami akan mulai dengan melakukan hal-hal kecil di kelas kami. Semuanya bermula dari topik assembly kami minggu ini, pemanasan global! Dari diskusi pagi, kami jadi tau bahwa masalah pemanasan global semakin parah. Perubahan iklim yang ekstrim sampai terancamnya habitat hewan tertentu...Sereemm..Seperti lingkaran setan ya. Dimulai dari penebangan pohon sembarangan, penggunaan sumber energi fosil berlebihan, sampai perilaku kita yang ga berhemat.

Singkatnya begini, karena kami masih anak-anak yang lucu:) jadi kami akan mulai mengurangi pemanasan global dengan cara kami sendiriSaat meraut pensil, kami akan lakukan hanya dalam 3 hitungan saja. Hii...biasanya saat meraut pensil kami akan butuh waktu lamaaa...akibatnya pensil kami jadi cepat habis. Itu kan sama artinya kami boros kayu, sebagai bahan dasar pensil. Kami juga akan menghemat penggunaan kertas. Jadi penggunaan barang-barang berbahan dasar 'pohon' di kelas kami akan berkurang.

Kami juga akan menghemat pemakaian listrik. Apalagi diberitakan bahwa persediaan batubara sebagai bahan pembangkit listrik untuk daerah Jawa dan Bali sekarang sedang kritis. Katanya si disebabkan oleh cuaca buruk yang melanda Indonesia saat ini, sehingga kapal-kapal pengangkut batubara dari Kalimantan jadi tidak bisa sandar ke dermaga. Akibatnya, PLN memutuskan untuk melakukan pemadaman listrik bergilir. Mungkin cuaca buruk yang berkepanjangan ini juga disebabkan oleh pemanasan global juga ya..

Duh, ternyata masalah pemanasan global ini sangat serius! Kita benar-benar harus mulai melakukan sesuatu dari sekarang lho! Kalau bukan kita, siapa lagi? Iya kan? Kami yakin, biarpun dimulai dari hal-hal yang kecil, tapi pasti akan besar manfaatnya!!!


3 komentar:

naura n friends mengatakan...

Wouw....menakjubkan...kalian ternyata memang anak anak yang peduli. Kali ini peduli pada hal besar...global warming...
Aku setuju banget..bahwa hal besar itu selalu dimulai dari hal-hal kecil...seperti batu bata yang susun menyusun menjadi sebuah tembok yang besar dan kokoh...
Lanjut Anak pelangi...tetap semangat,

Salam hangat penuh semangat,

Anonim mengatakan...

amazing...
these kids are amazing..
4th grade elementary school's students could made and shared this amazing story..
what an amazing talent u've got..and it's all because of ur teachers who always accompany u and educate u in an amazing way...

Cici mengatakan...

great!