Selasa, 11 Maret 2008

Culture Vaganza Part 2

He...Cerita tentang CultureVaganza yang sebelumnya belum selesai lho! Kami lanjutkan ya....

Setelah makan siang,lagi-lagi kami berganti pakaian. Kali ini dengan seragam sekolah putih-biru. Kami kemudian mengikuti workshop tentang Batik dari Ibu Dede. Ternyata Batik itu indah sekali. Bu Dede membawakan beberapa contoh kain Batik buatannya. Tehnik membatik juga bermacam-macam lho. Ada yang dilukis dengan canting, ada tehnik ikat atau tie dye, ada juga yang dicetak.

Bagian yang paling riuh dari kegiatan kami adalah...Kami membuat kain Batik sendiri! Kami mempraktikkan tehnik ikat. Menurut Bu Dede, ini adalah cara yang paling mudah untuk dicoba. Kelas kami mendapat satu lembar kain berwarna putih, sarung tangan, karet untuk mengikat, dan beberapa peralatan lainnya. Kami berebutan mengikat kain tersebut dengan karet. Ikatan-ikatan itu kami namai 'pocong-pocongan'. Hii...tapi yang ini tidak seram lho(",).

Setelah penuh dengan ikatan, kainnya dicelupkan secara bergantian ke beberapa ember. Tiap ember berisi cairan-cairan khusus untuk memberikan warna pada kain kami. Karena hanya hanya ada beberapa ember, hanya 2 orang diantara kami saja yang mewakili proses pencelupan, yaitu Dina dan Fadil. Cairan pada ember pertama berfungsi untuk membersihkan kain dari kotoran-kotoran. Sementara cairan pewarna ada di ember-ember selanjutnya. Dina dan Fadil mencelupkan kain itu pada 3 warna yang berbeda ; biru, ungu, dan merah. Setelah dicelupkan, kainnya harus dikeringkan dulu.

Penasaran de dengan batik hasil buatan kami. Keesokan harinya kami membuka batik tersebut. Wow!!! Hasilnya bagus sekali. Kami semua sangat senang melihat batik tersebut. Motifnya berbentuk lingkaran berbagai ukuran. Sekarang kain batik kami dipajang Bu Dian di salah satu display di kelas.

Hmm, banyak sekali yang kami pelajari hari itu. Ternyata Indonesia itu sangat kaya kebudayaannya. Ada baju daerah yang indah, rumah adat yang unik, lagu daerah yang beraga, dan tentu saja makanan yang lezaatt!!

1 komentar:

street fighter mengatakan...

sering2 aja sekolah ngadain acara seperti ini....